Tuesday, November 30, 2010

Teman Bermain @ Rusunawa Sanata Dharma Paingan, Nov 24, 2010

Setelah tahap negosiasi jadwal yang cukup lama dengan pihak panitia posko Rusunawa Sanata Dharma Paingan, akhirnya Teman Bermain bisa memulai kegiatan disana hari Rabu, 24 November 2010. Dari data awal yang kami dapat tanggal 15 November tentang jumlah anak-anak pengungsi disana (1-5 tahun (47 anak); 6-12 tahun (82 anak)), hari itu jumlah anak sudah berkurang hampir sepertiganya. 

Hari itu, di Jogja sudah mulai sering hujan deras (lagi) di sore hari. Walaupun Teman Bermain agak telat datang ke Rusunawa, setelah diumumkan kalau sesi akan segera dimulai, teman-teman kecil kita langsung turun dari kamar-kamarnya di lantai atas. Tidak lama, kami pun sudah asyik bernyanyi dan joget-joget di awal sesi :)



Teman Bermain membawa delapan 'Pasukan Berani Main' untuk sesi di Rusunawa ini, untuk antisipasi jumlah anak yang melebihi perkiraan. Dengan rasio kehadiran 15 teman kecil kami vs 8 pendamping, ternyata proses bermain dan menggambar pun lebih nyaman. Dalam pertemuan pertama kami dapat lebih mudah untuk saling beradaptasi. Setelah sesi 'ice-breaking' atau nyanyi-nyanyi, kelompok pun dibagi dua: kelompok menggambar dan kelompok mewarnai.


Yang ini kelompok mewarnai:







Yang ini kelompok menggambar....lihat, ada yang nggambar logo QZR :p





Gambarnya asyik sekali :)





Karena suasana yang lebih tenang dan memang gak terlalu ramai, ada juga beberapa balita yang pengen ikut kakak-kakaknya yang sedang menggambar/mewarnai :) Untuk yang sudah selesai menggambar/mewarnai, Teman Bermain juga membawakan beragam kertas warna untuk membuat kreasi origami.



Wah, sudah mulai maghrib. Segera saja, kuis kecil dibuka untuk pembagian buku tulis dan pensil, lalu permainan ular naga dimulai, sekalian untuk membagikan snack sore yang sudah disediakan dari posko Rusunawa Sadhar.





Sesi kali ini dimulai jam empat sore, dan selesai jam 6 sore. Ketika teman-teman kecil sudah banyak yang kembali ke kamarnya masing-masing di lantai atas, ternyata ada beberapa teman yang baru pulang bepergian. Ada yang baru pulang menjenguk neneknya, dan ada juga yang baru pulang sekolah. Teman Bermain pun mengajak mereka untuk ikut menggambar dan mewarnai di pertemuan berikutnya di posko Rusunawa Sadhar, yaitu di hari Jumat, 26 November. Sampai ketemu ya :)

Dan ini adalah beberapa gambar hasil dari teman-teman kecil kita :)

lovely colors :)

erupting mountain...again!



Dinda and Novi insists to color oranges, yet they want different pictures. So we draw three oranges for Dinda and two for Novi. They are quite competitive in almost everything, Dinda is more talkative and Novi is more quiet, yet demanding :)


Diah just LOVE to draw and color, and so does Retno. Both are 6th grade students.

Afri is 3years old, and she hasn't able to talk clearly.  I had no idea about who drew the pig for her, but she enjoy the activity and smiled all the time :)

This is Dinda again...

And this one is Joko, he's 10 years old. He submitted this picture from his own drawing book. Let's hope he's no that obsessed with QZR, because he's doin good in drawing a dragon!


A dragon with small scales!









 So that's all we got from Rusunawa Sanata Dharma Paingan that day! See you kids next Friday! :)

No comments:

Post a Comment